Cari Blog Ini

Selasa, 18 Agustus 2009

Heckler and Koch

Bagi para penggemar peralatan militer atau orang yang bekerja di bidang militer tentunya sudah ga asing lagi sama nama industri satu ini, yup Heckler and Koch (H&K), sebuah industri yang terletak di Jerman yang khusus memproduksi senjata api. Sejauh ini H&K terkenal dengan desain senjatanya yg terlihat sangat manis (ceile...) dan memiliki tingkat presisi yang sangat bagus, sebut saja SMG MP5 yg menjadi SMG favorit para pasukan khusus di seluruh dunia termasuk Indonesia, Assault riffle G3 atau yg terbaru G36, senapan Sniper PSG1A1 yg terkenal sangat mantap dalam merobohkan lawan.


Logo Heckler and Koch (sumber: wikipedia)

Sejarah dari berdirinya H&K sendiri dimulai ketika 3 orang mantan karyawan Mauser: Edmund Heckler, Theodor Koch, dan Alex Seidel yang bekerjasama dan akhirnya secara resmi mendirikan perusahaan ini pada 1949. perusahaan ini bertempat di Oberndorf di negara bagian Baden-Württemberg Jerman. Moto perusahaan ini adalah Keine Kompromisse! (tidak ada kompromi!) yang berarti mereka menggabungkan akurasi, daya tahan, dan egronomi, namun tidak saling mengurangi antara satu dengan yang lainnya. Pada awalnya perusahaan ini memproduksi peralatan mekanik, suku cadang mesin jahit, dan berbagai alat ukur.

H&K mulai memproduksi senjata api pada 1956 dengan produksi awalnya senapan serbu G3 yang sangat legendaris itu. Senapan itu pun diproduksi setelah mendapat kontrak dari Tentara Federal Jerman (Bundeswehr), senjata ini terkenal memiliki tingkat akurasi yang sangat baik, dan sudah dibuktikan oleh para prajurit TNI yang sempat menggunakannya, bahkan menurut edisi koleksi angkasa, tembakan G3 dapat berupa satu mata, atau jika kita menembak menggunakan senapan ini ke sasaran maka lubang skip yang dihasilkan sangat berdekatan.


Senapan Serbu G3

Kesuksesan G3 ternyata juga diikuti oleh produk lainnya, sebut saja G36 yang merupakan senapan serbu teranyar dari H&K, MP5 SMG yang terkenal sangat handal namun juga sangat rumit dalam perawatannya, senapan sniper PSG1, bahkan pistol Mk 23 yang menjadi pegangan resmi pasukan khusus AS. Bahkan pasukan TNI juga menggunakan beberapa produk dari pabrikan ini, sebut saja SMG MP5 yang terlihat digunakan oleh pasukan khusus antu teror TNI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar